Tau gag sih lo kalo, penyedia layanan jaringan sosial Friendster tidak hanya cukup menggaet para pengguna Internet dengan komputer. Seiring maraknya ponsel, Friendster juga merilis versi yang dibuat sesuai karakteristik telepon genggam.

Hal tersebut ditandai dengan dirilisnya Friendster versi mobile yang beralamat di m.friendster.com sejak Mei 2008. Fitur yang disediakan tidak jauh berbeda dengan fitur versi web browser di layar komputer, seperti update aktivitas teman-teman, review permintaan, persetujuan komentar, posting seruan, upload foto, browsing foto, serta browsing profile pengguna dan Fan profile.

Layanan tersebut dijelaskan David Jones, Vice President of Global Marketing Friendster di Jakarta, Kamis (21/8). Ia mengatakan hanya dalam waktu beberapa bulan, trafik Friendster mobile telah menembus 1 miliar page view per bulan. Sampai saat ini, layanan tersebut sudah diakses 11 juta pengguna terdaftar dan 8,2 juta pengunjung unik setiap bulan dari total sekitar 75 juta pengguna Frienster saat ini di sleuruh dunia.

David mengatakan Indonesia adalah salah satu pasar utama yang menjadi target layanan Friendster. Menurutnya pengguna Friendster di Indonesia sangat besar dan tumbuh pesat. Buktinya, Bahasa Indonesia menjadi versi kedua setelah Bahasa Inggris untuk layanan Friendster mobile. Layanan Friendster mobile dalam Bahasa Indonesia sudah dapat diakses sejak Juli 2008.

Selain itu, Friendster juga memperkenalkan Friendster Text Alerts yang akan memberikan pesan pengingat melalui ponsel. Pengguna hanya perlu mendaftarkan nomor ponselnya yang jaringannya telah didukung Friendster. Untuk layanan ini tidak dikenakan biaya, namun pengguna tetap harus membayar biaya pengiriman pesan kepada operator masing-masing.(Bah)